Mencoba Ubuntu untuk pencinta Windows

Apakah anda pencinta windows sejati??? :inlove: . Jika benar, saya ingin mencoba meracuni anda untuk mencoba ubuntu via Windows. Dengan cara ini tidak akan menghilangkan sedikitpun rasa kemudahan anda selama menggunakan windows. Langsung kita mulai aja kawan!. Berikut langkah-langkahnya.

Download Virtual PC 2007

Virtual PC 2007 dapat digunakan unuk menginstall berbagai macam operating system apapun tanpa memerlukan reboot. Anda juga dapat menggunakan Virtual Machines yang lain, sesuai selera mu bos. Anda dapat mendownloadnya disini. Jangan lupa install Virtual PC 2007 untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Download Ubuntu 9.10

Anda bisa mendapatkan ubuntu secara mudah dan gratis dengan cara mendownloadnya disini atau memesan gratis disini.

Membuat Virtual Machine baru

Untuk menginstall ubuntu anda diwajibkan untuk membuat Virtual Machine (VM) baru. Buka Virtual PC. Click tombol "NEW", click "next", Atur RAM, ubah menjadi 128 - 256 dan click "Next", A new virtual hard disk, click "Next", ubah 16384 to 4000 (miimal free space 4GB ), click Next untuk selesai. Anda dapat melihat daftar Ubuntu VM di Virtual PC console.

Boot the ISO Image

Jika anda donwload ubuntu maka file tersebut formatnya adalah ISO image, anda tidak perlu burn file tersebut terlebih dahulu. Anda dapat boot dengan ISO image secara langsung. Start. Tampilan black box akan terbuka. VM akan booting. Ketika layar monitor masih hitam kelam, click CD on di menu bar, click Capture ISO image, browse Ubuntu ISO image yang telah anda download, pilih file dan click Open. VM will booting dari ISO image.

Install Ubuntu

Selanjutnya adalah proses instalasi, prosesnya sangat mudah bahasa kerennya user friendly. Di sini saya tidak menjelaskan langkah-langkah instalasi secara detil karena kepanjangan nanti ceritanya. Cara installnya dapat di cari di google. Jangan takutu salah pada proses instalasi karena anda dapat membuat VM baru. Ikuti saja proses instalasinya, setelah selesai akan terrestart dan Vm akan reboot. Dan Ubuntu sudah dapat dinikmati.

Setelah Ubuntu terinstall anda dapat menjadi saksi betapa canggih operating system initepuktangan. Anda dapat mencoba aplikasi-aplikasi yang tersedia. Jika anda tertarik, "install aja Ubuntunya secara Permanen di PC anda!":okay:. Kalau ada Operating System yang lebi powefull dan juga gratis tunggu apalagi. Silakan komentar disini jika amda mulai cinta dengan Ubuntu.

referensi : http://www.daniweb.com

2 comments:

  1. pake ini ribet, soalnya udah terbiasa windows.

    ReplyDelete
  2. artikel yg menarik mas, dan juga cukup bagus dan saya tertarik dengan artikelnya, dan salam kenal bro dari mico nie, dan juga sekalian nie kalo ada yg suka dengan film box office terbaru silakan kunjungi situs gue ok, karena anda bisa download film secara gratis karena kita update film setiap harinya. terima kasih buat admin disini juga ya, gbu.keep blogging

    ReplyDelete