Kelebihan Ubuntu

Gratis


user ubuntu ga perlu mengeluarkan uang sedikit pun hal yang berhubungan dengan ubuntu. mulai dari cd, stikerlol, apalagi instal ubuntu sebagai OS anda, semua gratisagree5. Ubuntu juga mudah untuk didapatkan, anda dapat mendonwloadnya diberbagai lokasi, ubuntu juga dapat dipesan secara GRATIS yaitu di http://shipit.ubuntu.com/ manstrab kantepuktangan.

Kemudahan Menginstall Aplikasi

Menginstall program pada Ubuntu sangatlah mudah karena terdapat satu program yang pada dasarnya memberikan akses pada sebagian besar aplikasi yang tersedia untuk Ubuntu. Anda tinggal memilih program yang ingin anda install dan klik OK maka semuanya selesai tanpa harus mengklik 'next' berkali-kali dan tanpa 'accept agreement' (karena semuanya open source). Ubuntu juga memiliki repository yang berisi bermacam aplikasi yang gw pikir cukup lengkap.

3D Interface

Salah satu hal yang dibanggakan oleh Microsoft pada Windows Vista adalah interface barunya, Aero. Sayangnya, Aero dapat membuat komputer yang berspesifikasi tinggi berjalan lambat. Laptop dengan memori 2 GB pun akan terasa lambatpucca_love_13. Ini disebabkan Windows Vista menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Sebetulnya sebelum Windows Vista di rilis, Ubuntu telah mampu menampilkan interface 3D. Pada versi Ubuntu 7.04, banyak orang yang mengatakan bahwa interface Ubuntu (Beryl) justru lebih menawan daripada Aero – dan hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi.


Kompatibilas

Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru. Untuk mendapatkan daftar lengkap mengenai hardware apa saja yang telah didukung oleh Ubuntu, silahkan kunjungi alamat https://wiki.ubuntu.com/HardwareSupport. Pada halaman tersebut, anda dapat melihat tabel yang berisi data kompatibilitas suatu hardware terhadap Ubuntu. Banyak orang yang terkejut ketika menemukan bahwa Ubuntu dapat menemukan semua perangkat keras yang ada dikomputer mereka secara otomatis dan mengkonfigurasinya sehingga siap pakai. Bahkan berbagai W-LAN ccard, yang biasanya jarang dikenali, kini sudah terdeteksi secara otomatis. Dengan update yang tergolong cepat, Ubuntu siap untuk mendukung hardware-hardware baru yang ada di pasaran. Patch kecil yang disediakan secara berkala baik secara resmi maupun dari pihak ketiga akan selalu disediakan untuk membantu kompatibilitas Ubuntu dengan hardware terkini.

Advance Linux

Walaupun sederhana pada awalnya, Ubuntu juga dapat dikonfigurasikan menjadi sangat canggih. Dalam proses instalasi suatu program, Ubuntu memiliki sedikit perbedaan dibandingkan Windows. Ubuntu, seperti Debian, menggunakan package management system berbasis ‘Apt’ (Advance Packaging Tool). Apt merupakan sistem manajemen paket yang memudahkan pengguna dalam mengelola suatu software. Apt akan melakukan otomatisasi dalam pengabilan, kofigurasi, serta instalasi dari suatu paket software.
Pada umumnya, paket-paket software pada Ubuntu diambil dari suatu wadah penyedia software yang dinamakan “Repository”. Pada umumnya, Repository Ubuntu berisi pustaka software yang disediakan pada suatu server tertentu Untuk elakukan instalasi, Apt akan mendownload file yang dibutuhkan dari suatu repository, mengkonfigurasikannya sesuai sistem, lalu meng-install-nya pada komputer pengguna. Dengan sistem ini, pengguna tidak perlu repot lagi dalam meng-install sebuah software yang diinginkannya. Otomatisasi ini yang menjadi salah satu daya tarik Ubuntu.
Bagi yang familiar dengan SUS (Software Update Service) dan WSUS (Windows Software Update Service) dari Microsoft, Apt memiliki nyaris semua kemampuan SUS – dan lebih banyak lagi. Tidak itu saja, Apt telah ada jauh sebelum SUS sehingga telah terbukti sangat reliable dan efisien.
Untuk perawatan server dan desktop dalam jumlah besar, Apt sangat membantu menghemat waktu dan tenaga anda. Proses administrasi yang user-friendly akan meringankan beban seorang IT Support dalam mengelola komputer berbasis Ubuntu.
Dengan puluhan ribu pustaka softwaregratis yang tersedia di repository-nya, dan berbasiskan distro Debian yang sangat fleksibel, Ubuntu siap menjadi apa saja yang anda inginkan. Multimedia studio, advance Unix server, central server computing, render farm, develoment workstation, dan lain-lainnya, kemungkinan besar Ubuntu dapat melakukannya. Bahkan Google pun menggunakan Ubuntu di kantornya.

Komunitas

Konon katenye sebagian besar Komunitas Linux merupakan bekas pengguna Windows, jadi mereka pernah merasakan bagaimana rasanya menggunakan OS baru dan mereka sangat senang membantu anggota yang baru saja mengganti OSnya ke Ubuntu. Jika anda bermasalah dengan Ubuntu cukup bertanya di forum dan dalam hitungan menit akan muncul berbagai jawaban dari mereka.

Keamanan

Pada produk Microsoft, hanya untuk mengubah suatu setting anda harus melalui banyak dialog box dan password yang muncul.
Sedangkan pada Ubuntu anda selalu masuk sebagai pengguna biasa dan anda dapat mengubah berbagai setting pengguna tetapi jika anda ingin mengubah setting yang mempengaruhi sistem maka anda cukup memasukkan sebuah password administrator saja. Dan satu hal penting lainnya yaitu virus Linux yang beredar sangatlah sedikit jika dibandingkan virus Windows. malahan diriku sering menghapus virus yang berjalan di windows melalui ubuntu.

Less Is More

Kelebihan Ubuntu yang terbesar justru adalah kesederhanaannya. Pada suatu perusahaan pernah dilakukan sebuah eksperimmen: satu lantai kantor dimigrasikan ke Ubuntu pada hari Minggu secara diam-diam. Hari Senin pagi, staf kantor di lantai tersebut menemukan bahwa komputer mereka telah berubah dari Windows menjadi Ubuntu semua.
Tim dari departemen IT yang sebetulnya telah siap sedia untuk membantu mereka menjadi terkejut ketika ternyata telpon mereka tidak berdering. Lebih terkejut lagi ketika menemukan bahwa para staf tersebut telah kembali bekerja seperti biasa!
Ini adalah kesaksian luar biasa terhadap feature user-friendliness dari Ubuntu. Bayangkan, pengguna komputer yang awam dapat terus bekerja dengan Ubuntu dalam waktu singkat, setelah selama bertahun-tahun hanya menggunakan sistem operasi Windows.
Bahkan, mereka justru lebih senang dan nyaman karena kini mereka tidak lagi mengalami masalah yang disebabkan oleh virus dan spyware. Kini, mereka dapat mengerjakan pekerjaan mereka dengan tenang tanpa gangguan lagi.

Sebenarnya si masih banyak lagi yang mungkin belum gw ketahui.redface heheh.. Maklumlah masih pemula..

referensi
om google
http://ciutom.wordpress.com/

13 comments:

  1. Ubuntu emang OK...
    apalagi yang terbaru Ubuntu 9.10 Karmic Koala...
    Good improvement...

    ReplyDelete
  2. Pernah pakai Ubuntu, tapi nyerah karena waktu itu belum begitu kenal linux dan belum tau gimana caranya install sofware dan ngutak-ngatik ubuntu. (mau mutar MP3, mutar film gak bisa).

    ReplyDelete
  3. @Ivan Jaya: sebenarnya si cara instalasinya tidak begitu sulit.. tutorial instalsinya banjir sekali kl dicari di mba google.. Mp3 bisa diputar setelah codec Mp3 di install

    ReplyDelete
  4. Wah... Ternyata hebat jga yaa....
    Baru tahu saya...
    Applouse lah...
    Gra" kbanyakan maen, jdi ktinggalan info...

    ReplyDelete
  5. @devilthecrazygamer: Ya begitulah.. itulah sebagian kecil dari kelebihan ubuntu.. :)

    ReplyDelete
  6. okelah kalo bgitu.. bisa dicoba
    tapi bisa diinstal squid nda'?

    ReplyDelete
  7. bagus juga infonya ...... makasih sob ...

    ReplyDelete
  8. tapi win seven sekarang udah ringan lho gan,,,

    ReplyDelete
  9. Yupz, mayoritas pengguna blm tau cr pengaplikasian coz emg dibutuhkan kesabaran termasuk dlm mencari tutorial Ubuntu ini.

    ReplyDelete