Singkat tentang Unified Modelling Language (UML)

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan perangkat lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. Dengan UML anda dapat membuat model untuk sebuah jenis aplikasi perangkat lunak, dimana apalikasi tersebut dapat berjalan dalam piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. UML memudahkan komunikasi antar pengembang perangkat lunak karena memliki standar yang sama. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok digunakan untuk piranti dalam bahasa – bahasa berorientasi objek.

Tujuan utama UML diantaranya adalah untuk :
•Memberikan model yang siap pakai, bahasa permodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan dan saling menukar model dengan mudah dan dimengerti secara umum.
•Memberikan bahasa permodelan yang bebas dari berbagai bahasa pemrograman dan proses rekayasa.
•Menyatukan praktek – praktek terbaik yang terdapat dalam permodelan.

Cakupan UML diantaranya : Pertama, UML menggabungkan konsep BOOCH, OMT dan OOSE, sehingga UML merupakan suatu bahasa permodelan tunggal yang umum dan digunakan secara luar oleh para pengguna ketiga metode tersebut dan bahkan para user metode lainnya. Kedua, UML menekankan pada apa yang dapat dikerjakan dengan metode – metode tersebut. Ketiga, UML berfokus pada suatu bahasa permodelan standar, bukan pada proses standar. Untuk membuat suatu model, UML mendefinisikan diagram – diagram

Diagram struktur:
1. Diagram kelas
2. Diagram obyek
3. Diagram komponen
4. Diagram deployment

Diagram perilaku:
1. Diagram use-case
2. Diagram urutan/sekuen
3. Diagram kolaborasi
4. Diagram statechart
5. Diagram aktivitas

untuk penggunaan setiap diagram lebih rinci lagi akan di post pada posingan selanjutnya kawan !!!!!! :)

4 comments:

  1. Wah...gue kurang mengerti tentang yang diceriterakan..mohon maaf banget deh...Peace for Blogger...!!!

    ReplyDelete
  2. wew...
    tak apalah.. pura pura mengerti saja gw sudah sangat bahagia banget sekali.. hehehhe

    ReplyDelete